Skip to content

Program Diet Yang Sehat dan Tepat : Jangan Sampai Massa Otot Anda Berkurang


bagikan ke teman

Ketika kita membicarakan masalah berat badan, tubuh kita sebenarnya terdiri dari 4 kandungan utama :

  1. Air, yang biasanya mencapai lebih dari 50% berat badan. Jadi misalnya berat anda 60kg, maka jumlah air pada tubuh anda minimal adalah 30kg.
  2. Lemak, atau energi yang tersimpan
  3. Otot
  4. Tulang

Jadi misalnya anda seorang yang punya berat badan 80kg, tinggi 150cm. Ini sudah jelas, anda sedang kegemukan (overweight atau bahkan obesitas – yang bisa diukur dengan sistem BMI). Nah kelebihan berat badan itu pada umumnya terjadi pada penumpukkan LEMAK (no.2). Bukan kelebihan air, otot apalagi tulang. Proses penurunan berat badan – yang sehat – harus terjadi dengan mengurangi kadar lemak dalam tubuh, bukan dengan mengurangi kadar air atau massa otot. Kenapa?

Peran air dan otot dalam tubuh kita adalah menjaga metabolisme. Perlu diketahui, bahwa metabolisme tubuh itu sebenarnya bisa diartikan sebagai kemampuan tubuh membakar kalori/lemak. Jadi :

  • jika kita kekurangan air, maka metabolisme kita menurun –> kemampuan membakar lemak-nya pun turun.
  • massa otot yang juga menurun akan menyebabkan proses pembakaran lemak-pun ikutan turun.

Oleh karena itu mengapa selama ini sering terjadi :

  1. orang yang kurang minum air putih, jadi sedikit terganggu konsentrasinya (ingat sebuah iklan air mineral di televisi)
  2. orang yang kurang minum air putih akan sulit turun berat badannya
  3. orang yang diet nggak makan apa-apa seharian penuh akan turun berat badan dalam beberapa saat lalu sulit lagi mengalami penurunan (masuk massa plateau). Hal ini dikarenakan : ketika kita sedang diet, dan tidak mengkonsumsi protein yang cukup, maka massa otot kita berkurang. Berkurangnya massa otot menyebabkan metabolisme turun. Metabolisme turun menyebabkan kemampuan tubuh membakar lemak juga ikut turun. Sebagai informasi, massa otot itu dibentuk oleh asupan protein.
cara diet yang salah
diet bukan tidak makan apa-apa, tapi harus mengkonsumsi makanan tinggi protein

Jadi dalam diet yang sehat dan baik, yang harus turun adalah massa lemak tubuh kita. Kadar air dan massa otot diharapkan tetap atau naik. Untuk menaikkan massa otot, diperlukan asupan protein yang cukup. Oleh karena itu, orang yang sedang dalam program diet rendah kalori semacam diet herbalife, wajib mengkonsumsi protein cukup besar. Di Herbalife, asupan protein di dapat dari Shake Mix dan Personalized Protein Powder.

Proses pembakaran lemak dengan peningkatan metabolisme tubuh akan membantu meningkatkan level energi kita. Dengan demikian walau kita sedang dalam program pengendalian berat badan, tapi tubuh kita tetap segar bugar dan bersemangat! Akan sebaliknya yang terjadi jika diet kita adalah diet yang tidak sehat, dimana yang berkurang hanya kadar airnya saja, atau bahkan massa otot! Sudah pasti tubuh menjadi lemas.

Ingin Konsultasi?

Jika Anda sedang membuka web ini menggunakan handphone :

  • bisa langsung add pin bb kami dari link ini : Pin BBM
  • bisa langsung chat pakai whatsapp dari link berikut ini : chatting whatsapp

Atau anda bisa manual menghubungi kami lewat data kontak dibawah ini :

Indosat : 0857-4570-4980
Telkomsel : 0813-5355-6575
Pin BB (yang mudah dihafal) : diet-yuk
LINE : laurentiafanny

Yang Perlu Anda Ketahui Juga :

Published inTips Diet